Jumat, 19 Desember 2008

Perbedaan SI dengan ilmu computer lainnya

Apa2 aja sih ilmu computer yg ada?
Pertanyaan itu pasti muncul ketika kita memilih jurusan saat mamasuki di suatu universitas. Ada beberapa jurusan yg membahas masalah komputer, antara lain Computer Engineering (CE), Computer Science (CS), Software Engineering (SE), Information Systems (IS), Information Technology (IT). Mungkin yang baru saya tw cma itu aja. Setelah browsing ke internet. Mungkin ada lagi ilmu computer baru lainnya.
Apa aja sih perbedaannya?
Perbedaan CE, CS, SE, IS, dan IT
- Computer Engineering (CE) : ilmu yg mempelajari bidang komputer antara lain tentang bagaimana mendesain & merancang konstruksi komputer dan sistem berbasis komputer yg baik & layak.Ilmu ini berkutat di dalam hardware, software, komunikasi, dan interaksi diantaranya. (jurusan Teknik Komputer)
- Computer Science (CS) : ilmu yg mempelajari tentang bagaimana mengembangkan robotik, computer vision, intelligence system, bio-informatika, dan hal lainnya yg berhubungan dengan masa depan komputer. (jurusan Teknik Informatika ato Ilmu Komputer)
- Software Engineering (SE) : ilmu yg mempelajari tentang bagaimana merancang & memelihara sistem software yg reliable, efisien, dan efektif.Dan tak lupa juga membahas itu smw agar dapat dikembangkan sesuai kebutuhan pengguna.
- Information Systems (IS) : ilmu yg mempelajari tentang bagaimana mambangun dan mengaplikasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis yg ada sehingga dapat mencapai tujuannya dengan efektif dan efisien (ehaaa mw lovely information system). (jurusan Sistem Informasi)
- Information Technology (IT) : ilmu yg mempelajari tentang bagaimana sebuah sistem informasi suatu insitusi tepat keberadaannya dan berfungsi dengan baik sesuai harapan.

Tidak ada komentar: